Note: the following post is in Bahasa Indonesia. Basically, this is an explanation regarding collecting comics in single issue vs trade collection forms.

comics-999504_640

Bagi para penggemar komik asing, ada istilah-istilah yang patut diketahui. Komik berawal sebagai buku kumpulan cerita bergambar, dan dicetak dalam kertas murah sehingga bisa dikonsumsi oleh banyak orang dengan biaya terjangkau. Kini, menurut statistik tahun 2015 industri komik Amerika menghasilkan pemasukan sebesar 1.03 miliar dollar dengan 90 juta dollar dari hasil penjualan komik digital melalui toko-toko online seperti comiXology, Amazon, Play Store, Apple Store dll.

Lalu bagaimana dengan koleksi komik Amerika dari negara Indonesia? Ada beberapa hal yang perlu diketahui:

  1. Indonesia lokasinya jauh dari Amerika Serikat. Untuk pengiriman komik yang baru terbit bisa dibutuhkan sekitar 3-4 minggu untuk tiba di Tanah Air… itu kalau mau pakai biaya pengiriman yang termurah.
  2. Kurs Dollar Amerika terhadap Rupiah akhir-akhir ini stabil, sekitar Rp13.500 per 1 USD

Ada dua cara untuk mengkoleksi komik cetak.. kumpulkan komik single issue (yakni sebuah buku komik dengan jumlah halaman sekitar 24 – 32 halaman dengan berisi sejumlah iklan) yang berkisar $3 hingga $5 per edisi.   Cara kedua adalah mengumpulkan trade collection, yakni sebuah buku bundelan satu alur kisah komik yang lengkap yang biasanya berisi 5-8 issue komik yang dicetak ulang dalam bentuk paperback atau hardcover.

Kedua cara ada untung ruginya.

 

Single issues:

  • Terbit secara berkala, biasanya sebulan sekali
  • Harganya $3 hingga $5, kalo dikurskan ke Rupiah saat ini sekitar Rp45rb hingga Rp75rb.
  • Enteng dan gampang dibaca, dan kalo sudah sampai halaman terakhir bisa bikin penasaran untuk edisi berikutnya.
  • Lebih berharga ketika dijual kembali

Trade collection:

  • Mengumpulkan satu story arc (alur cerita) secara lengkap, sehingga jumlah halamannya lebih banyak (120 hingga 400 halaman)
  • Harga cenderung lebih murah. Contoh, Justice League vol 1 (Origin) mengumpulkan Justice League (New 52) #1 – 6. Masing-masing issue harga covernya $3.99, jadi kalo dibelikan masing-masing harganya $23.94, sementara harga trade paperback-nya adalah $16.99. Tapi kadang-kadang bisa jadi seperti Star Trek Ongoing volume 1 yang mengumpulkan 4 issue pertama Star Trek Ongoing memiliki harga pasar senilai $18. Kalo beli masing-masing issue jumlahnya 4 dikalikan $3.99 = $12. Lho, kok lebih mahal?
  • Terbitnya beberapa lama setelah versi cerita di single issue selesai, kecuali pada saat-saat tertentu (contoh, Star Trek Countdown #4 terbit bersamaan dengan trade paperback collection-nya pada bulan April 2009).
  • Nilai jual kembali tidak setinggi komik single issue.

Jadi, kembali ke pilihan anda… lebih enak mengumpulkan komik bagaimana?

 

Salam Fiksilmiah!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s